Menag Dorong Kanwil Lakukan Bahtsul Masail untuk Kaji Masalah Kekinian

By Admin


nusakini.com-Sentul -Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mendorong Kantor Wilayah Kementerian Agama untuk melakukan Bahtsul Masail untuk mengkaji masalah kekinian. Hal ini disampaikan Menag saat melakukan dialog pada Rapat Kerja Kanwil Kemenag Jawa Barat, di Sentul, Bogor.  

"Ini bisa menjadi terobosan bagi kanwil sekaligus merangsang kaum santri untuk melihat secara objektif, nalar, tapi juga melihat dengan cara ilmiah," kata Menag, Kamis (07/02).  

Bahtsul Masail merupakan forum diskusi yang biasanya menghadirkan ahli-ahli agama. "Jadi, masalah-masalah kekinian yang ada di masyarakat dapat kita fasilitasi untuk dicarikan solusinya melalui pendekatan ilmiah. Rujukannya kitab kuning yang ada di pesantren-pesantren kita," lanjut Menag di hadapan 100an pejabat eselon III dan IV di lingkungan Kanwil Kemenag Jawa Barat.  

Dalam dialog yang dipandu Kakanwil Kemenag Jawa Barat H.A. Buchori ini, Menag menyampaikan, Bahtsul Masail sekaligus dapat menjadi sarana Kemenag untuk memperkenalkan serta memperluas literasi moderasi beragama bagi masyarakat.  

Apalagi, jika kitab rujukan yang dipergunakan adalah yang telah biasa menjadi sumber rujukan pada pesantren-pesantren. "Tentunya kitab-kitab yang dipergunakan adalah kitab-kitab yang muktabar," kata Menag.  

Rakerwil Kemenag Jawa Barat berlangsung tiga hari, 6 - 8 Februari 2019. Forum tertinggi di tingkat Kanwil Kemenag Provinsi membahas pematangan dan strategi implementasi program di tahun anggaran 2019, utamanya dalam rangka memperkuar moderasi beragama dan membangun kebersamaan umat. (p/ab)